PERAN BADAN PENASIHATAN PEMBINAAN DAN PELESTARIAN PERKAWINAN (BP4) DALAM MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH MAWADAH DAN WAROHMAH

Studi Kasus di Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap

Penulis

  • Nono Carsono KUA Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap

Kata Kunci:

Pernikahan, Sakinah, Mawadah, Waarohmah, BP4

Abstrak

Banyaknya permasalahan pernikahan yang bisa menghambat untuk mencapai taraf keluarga yang harmonis pada masyarakat Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap, hal ini menunjukkan perlu adanya pencerahan berupa bimbingan dan pembinaan, baik itu berasal dari tokoh masyarakat, tokoh agama, psikiater, atau bahkan diperoleh dari lembaga pemerintah yang berwenang dan bertugas dalam pembinaan perkawinan yang tujuannya mampu meningkatkan pemahaman mengenai konsep keluarga harmonis (sakinah) yang sebenarnya demi terciptanya keutuhan keluarga. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif eksploratif dalam pembahasannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Badan Penasihatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) dalam dalam membentuk Keluarga Sakinah Mawadah dan Warohmah di Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap dengan menyelenggarakan kursus calon pengantin kepada pasangan yang akan melakukan perkawinan. Sebelum pasangan calon pengantin menikah, harus dilakukan kursus calon pengantin terlebih dahulu. Kursus calon pengantin dilakukan selama tiga hari. Dalam kursus calon pengantin tersebut, kedua calon pengantin diberikan gambaran tentang hidup keluarga. Dalam kursus calon pengantin juga dijelaskan mengenai perkawinan, kewajiban suami isteri dalam keluarga dan dijelaskan pula mengenai keluarga yang sakinah mawadah warahmah serta cara mewujudkan keluarga yang Sakinah mawadah warahmah.

Biografi Penulis

Nono Carsono, KUA Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap

Abbas, Syahrizal, Mediasi dalam Hukum Syariah, Hukum Adat dan Hukum Nasional, Jakarta: Kencana, 2011.

Abdullah, Adil Fathi, Membentuk Keluarga Idaman, alih bahasa Nashirul Haq, Jakarta: Embun Publishing, 2007.

Abidin, Slamet dan Aminudin, Fiqih Munakahat 1, Bandung: Pustaka Setia, 1999.
Dinata, Wildan Setia Warga, “Optimalisasi Peran Badan Penasehatan, Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) dalam Rangka Pembentukan Keluarga Sakinah di Kabupaten Jember,” de Jure, Jurnal Syariah dan Hukum, Vol.7:1 (Juni 2015)

Fahmi, Muhammad, ”Pembentukan Keluarga Sakinah pada Keluarga Pasangan Karir di Dusun Karang Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul”, Skripsi, Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga, 2016.

Gozali, Syukri, Keluarga Sakinah Ditinjau Dari Aspek Iman dan Ibadah, cet. ke- 3, Jakarta: Bumi Prakarsa Cipta, 1984.

Hasan, M Ali, Berumah Tangga dalam Islam, Jakarta: Prenada Media, 2003. Hasbiyallah, Keluarga Sakinah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.

Ismatulloh, A.M, “Konsep Sakinah, Mawaddah dan Rahmah (perspektif
Penafisran kitab Al-Qur’an dan Tafsirannya”. Mazahub, Vol. XIV:1 (Juni 2015) Istanbuli, Mahmud Mahdi Al-, Bekal Pengantin, alih bahasa Muhammad Suhadi dan Anas Habibi, cet.ke- IV, Solo: AQWAM, 2016.

____, Kado Pernikahan, alih bahasa Sholihin , Jakarta: Qisthi Press, 2014.

Kementerian Agama RI, Modul Keluarga Sakinah Berperspektif Kesetaraan Bagi Penghulu, Penyuluh dan Konselor BP 4, cet. ke 1, Jakarta: Puslitbang Kehidupan Keagamaan, 2012.

Lutfika, Fresya, ”Studi Komparasi Konseling Pranikah Antara BP4 Gondokusuman Kota Yogyakarta dan Gereja ST. Franciscus XA Yogyakarta”, Skripsi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, 2016.

Machrus, Adib, Fondasi Keluarga Sakinah Bacaan Mandiri Calon Pengantin, Jakarta: Subdit Bina keluarga Sakinah Direktorat Bina KUA & Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam Kemenag RI, 2018.

Muhammad, Al- Faqih Abul Wahid, Bidayatul Mujtahid Analisa Fiqih Para Mujtahid, alih bahasa Imam Ghazali Said dan Achmad Zaidun, cet. ke- III, Jakarta: Pustaka Amani, 2007.

Murtadho, Ali, Konseling Perkawinan Perspektif Agama- Agama, Semarang: Walisongo Press, 2009.

Nasution, Khoiruddin, Membentuk Keluarga Bahagia, Yogyakarta: PSW IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2002.

Ritonga, A. Rahman dkk, Ensiklopedi Hukum Islam, cet. ke- 5, Jakarta: Ichtiar Baru van Hoeve, 2001.

Ritonga,Muhammad Hatami, “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Peran dan Fungsi BP4 Dalam Mengupayakan Terbentuknya Keluarga Sakinah (Studi Kasus di KUA Gondokusuman Yogyakarta), Skripsi, Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga, 2015.

Rohman, Ngato U, ”Upaya Masyarakat Sekitar Lokalisasi dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah (Studi Kasus di Masyarakat Sekitar Pasar Kembang RW Sosrowijayan Kulon Perspektif Hukum Islam)”, Skripsi, Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga, 2015.

Samaluthi, Nabil Muhammad Taufik As-, Pengaruh Agama Terhadap Struktur Keluarga, alih bahasa Anshari Umar Sitanggal, Surabaya: BIna Ilmu, 1987.

Setyawan, Akhmad Nufian Noor, ”Praktik Pembinaan Keluarga Sakinah di BP4 KUA Tempel, Sleman, Yogyakarta, Tahun 2012 dalam Tinjauan Hukum Islam”, Skripsi, Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga, 2013.

Soewadi, Panduan Menuju Keluarga Sakinah, Yogyakarta: Bidang Urusan Agama Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DIY, 2011.

____, Pola Pembinaan Keluarga Sakinah dan Desa Binaan Keluarga Sakinah (DBKS), Yogyakarta: Bidang Urusan Agama Islam Kanwil Kementerian Agama Prov.DIY, 2011.

Thalib, Muhammad, Manajemen Keluarga Sakinah, cet.ke 2, Yogyakarta: Pro-U, 2008.

Tihami dan Sohari Sahrani, Fikih Munakahat Kajian Fikih Nikah Lengkap, cet.ke 2, Jakarta: Rajawali Pers, 2010.

Wahid, Mustafa Abdul, Manajemen Keluarga Sakinah, Yogyakarta: DIVA Press, 2004.

Zuhaili, Wahbah Az-, Fiqih Islam Wa Adillatuhu, alih bahasa Abdul Hayyie al- Kattani, dkk, Jakarta: Gema Insani, 2011.

 

Unduhan

Diterbitkan

2021-07-02

Terbitan

Bagian

Artikel Jurnal