Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Menggunakan Permainan 4 On 4 Pada Siswa Sekolah Dasar

PTK Pada Peserta Didik Kelas 6 SDIT Nusintama Lab School Cirebon

Penulis

  • Salam Abadi SDIT Nusintama Lab School Cirebon

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya keterampilan passing bawah bola voli peserta didik kelas 6 di SDIT Nusintama Lab School Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan apakah permainan 4 on 4 dapat meningkatakan keterampilan passing bawah bola voli pada siswa kelas 6 SDIT Nusintama Lab School Cirebon. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Desain penelitian ini menggunakan Model Kurt Lewin dalam 2 siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan & observasi, dan refleksi. Sampel penelitian meliputi siswa kelas 6 yang berjumlah 35 siswa di SDIT Nusintama Lab School Cirebon. Fokus penelitian adalah meningkatkan keterampilan passing bawah. Teknik pengumpulan data melalui tes perbuatan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keterampilan Passing Bawah Bola voli Menggunakan Permainan 4 On 4 Untuk Siswa Kelas 6  SDIT Nusintama Lab School Cirebon  mengalami peningkatan, yaitu dari Hasil tes siklus I diperoleh sebanyak 10 siswa (32,26%) tuntas belajar, dan 21 siswa atau 67,74% belum tuntas belajar. Kemudian pada hasil tes siklus II menunjukkan 29 siswa (93,55%) tuntas belajar dan 2 siswa atau 6,45% belum tuntas belajar. Berdasarkan hasil rerata yang diperoleh tersebut dapat dikatakan terjadi peningkatan 20,18% pada siklus II dari siklus I. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan permainan 4 on 4 dapat meningkatkan proses pembelajaran dan kemampuan passing bawah bola voli siswa kelas 6 SDIT Nusintama Lab School Cirebon.

 

Kata Kunci: Passing Bawah, Permainan 4 on 4, Bola Voli

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-01

Terbitan

Bagian

Artikel Jurnal