PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACIHEVEMENT DIVISION PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Penulis

  • Pandu Pribadi STIT Muhammadiyah Banjar
  • Arip Nurahman Institut Pendidikan Indonesia Garut

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fisika  dengan  menerapkan  model pembelajaran  kooperatif tipe  student  teams achievement division. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X-TEI 2 SMK Negeri 2 Banjar yang  berjumlah 35  orang  siswa.  Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fisika. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap akhir siklus diberikan tes untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar post- test. Dari analisis data hasil belajar siswa, hasil belajar siswa pada siklus I sedikit mengalami  peningkatan  hasil  belajar,  dibandingkan  dengan  pra-siklus  yakni jumlah siswa yang belum tuntas dalam belajar mengalami penurunan jumlah dari 15 orang siswa atau sebesar 53,57% menjadi 10 orang atau 35,7%. Sedangkan siswa yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar  meningkat  dari 13 orang siswa  (46,43%)  menjadi    menjadi  18  orang  (64,3%).  Namun  demikian  hasil belajar siswa belum seperti yang diharapkan dengan kondisi siswa yang tuntas belum  mencapai  70%.  Setelah  dilaksanakan  siklus  II,  hasil  belajar  siswa meningkat  lagi menjadi 26 orang atau sebesar 92,86%. Sedangkan yang tidak tuntas hanya 2 orang atau sebesar 7,14%. Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fisika kelas X-TEI 2 SMK Negeri 2 Banjar

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-01 — Diperbaharui pada 2024-08-07

Versi

Terbitan

Bagian

Artikel Jurnal