PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACIHEVEMENT DIVISION PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fisika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X-TEI 2 SMK Negeri 2 Banjar yang berjumlah 35 orang siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fisika. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap akhir siklus diberikan tes untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar post- test. Dari analisis data hasil belajar siswa, hasil belajar siswa pada siklus I sedikit mengalami peningkatan hasil belajar, dibandingkan dengan pra-siklus yakni jumlah siswa yang belum tuntas dalam belajar mengalami penurunan jumlah dari 15 orang siswa atau sebesar 53,57% menjadi 10 orang atau 35,7%. Sedangkan siswa yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar meningkat dari 13 orang siswa (46,43%) menjadi menjadi 18 orang (64,3%). Namun demikian hasil belajar siswa belum seperti yang diharapkan dengan kondisi siswa yang tuntas belum mencapai 70%. Setelah dilaksanakan siklus II, hasil belajar siswa meningkat lagi menjadi 26 orang atau sebesar 92,86%. Sedangkan yang tidak tuntas hanya 2 orang atau sebesar 7,14%. Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fisika kelas X-TEI 2 SMK Negeri 2 Banjar
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2024-08-07 (5)
- 2024-08-02 (4)
- 2022-03-01 (3)
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 TarbiyahMU
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.