PENGARUH METODE QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI
Abstrak
Masalah pendidikan dan pengajaran merupakan masalah yang cukup kompleks, dimana banyak faktor yang mempengaruhi. Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan kita adalah masalah lemahnya proses pembelajaran. Oleh karena itu perlu adanya metode pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran. Metode quantum teaching adalah cara belajar dengan cara memperagakan atau mempertunjukkan sesuatu di hadapan murid, yang dilakukan di dalam maupun di luar kelas. Guru yang profesional akan mampu memberikan motivasi bagi anak didiknya dalam proses belajar mengajar. Peningkatan hasil belajar tersebut dapat dilakukan salah satunya melalui metode quantum teaching. Berangkat dari permasalahan di atas, maka secara umum permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu Bagaimana pengaruh penggunaan Metode Quantum teaching terhadap hasil belajar Siswa pada pelajaran. Penelitian yang digunakan menggunakan rancangan Non-Randomized Pretest-Posttest Equivalent Group Design. Jumlah populasi sebanyak 55 orang yaitu kelas VIIA sebanyak 28 orang dan kelas VII B sebanyak 27 orang. Adapun metode pengambilan sampel yang dipakai pada penelitian ini adalah menggunakan teknik total sampling yaitu 28 siswa kelas VII B menggunakan konvensional dan 27 siswa kelas VII A menggunakan Metode quantum teaching.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: Hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen yang menggunakan pembelajaran dengan metode quantum teaching diperoleh nilai minimal 80 dan nilai maksimal 100 dan indeks gain sebesar 0,71 yang berarti tinggi. Sedangkan untuk kelas kontrol yang menggunakan pendekatan konvensional diperoleh nilai minimal 55 dan nilai maksimal
85 dan indeks gain sebesar 0,32 yang berarti sedang. Terdapat pengaruh yang signifikan
penggunaan Metode Quantum teaching terhadap hasil belajar siswa dengan hitung
sebesar 50,455 > tabel 1,685
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2021-07-01 (2)
- 2022-07-01 (1)
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 TarbiyahMU
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.