PENGARUH METODE QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI

Penulis

  • Pandu Pribadi STIT Muhammadiyah Banjar
  • Aan Alamsyah STIT Muhammadiyah Banjar

Abstrak

Masalah pendidikan dan pengajaran merupakan masalah yang cukup kompleks, dimana banyak faktor yang mempengaruhi. Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan kita adalah masalah lemahnya proses pembelajaran. Oleh karena itu perlu adanya metode pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran. Metode quantum teaching adalah cara belajar dengan cara memperagakan atau mempertunjukkan sesuatu di hadapan murid, yang dilakukan di dalam maupun di luar kelas. Guru yang profesional akan mampu memberikan motivasi bagi anak didiknya dalam proses belajar mengajar. Peningkatan hasil belajar tersebut dapat dilakukan salah satunya melalui metode quantum teaching. Berangkat dari permasalahan di atas, maka secara umum permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian  ini  yaitu  Bagaimana  pengaruh  penggunaan  Metode  Quantum  teaching terhadap hasil belajar Siswa pada pelajaran. Penelitian yang digunakan menggunakan rancangan   Non-Randomized   Pretest-Posttest   Equivalent   Group   Design.   Jumlah populasi sebanyak 55 orang yaitu kelas VIIA sebanyak 28 orang dan  kelas VII B sebanyak 27 orang. Adapun metode pengambilan sampel yang dipakai pada penelitian ini  adalah  menggunakan  teknik  total  sampling   yaitu  28  siswa  kelas     VII  B menggunakan konvensional dan 27 siswa kelas VII A menggunakan Metode quantum teaching.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: Hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen yang menggunakan pembelajaran dengan metode quantum teaching diperoleh nilai minimal 80 dan nilai maksimal 100 dan indeks gain   sebesar   0,71   yang   berarti   tinggi.   Sedangkan   untuk   kelas   kontrol   yang menggunakan pendekatan konvensional diperoleh nilai minimal 55 dan nilai maksimal

85 dan indeks gain sebesar 0,32 yang berarti sedang. Terdapat pengaruh yang signifikan

penggunaan  Metode  Quantum  teaching  terhadap  hasil  belajar  siswa  dengan  hitung

sebesar 50,455 > tabel 1,685

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-01 — Diperbaharui pada 2021-07-01

Versi

Terbitan

Bagian

Artikel Jurnal