Pengaruh Pembiasaan Shalat Dhuha Terhadap Sikap Disiplin Siswa Kelas V di MI Banjar 2

Penulis

  • Julaeha STIT Muhammadiyah Banjar
  • Nurhidayah Shiddiq STIT Muhammadiyah Banjar
  • Aan Alamsyah STIT Muhammadiyah Banjar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pembiasaan shalat Dhuha terhadap sikap disiplin siswa kelas V di MI Banjar 2 Kota Banjar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui dokumentasi dan kuesioner dari 87 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan shalat Dhuha berada pada kategori sangat baik, dengan skor tertinggi pada indikator keikutsertaan melaksanakan shalat Dhuha dan skor terendah pada indikator motivasi belajar. Analisis regresi sederhana menggunakan software SPSS menunjukkan bahwa pembiasaan shalat Dhuha memiliki pengaruh signifikan terhadap kedisiplinan siswa, dengan nilai R sebesar 0.704 dan R² sebesar 0.495. Nilai signifikansi (Sig) sebesar 0.000 menunjukkan pengaruh yang signifikan. Pembiasaan shalat Dhuha terbukti meningkatkan disiplin perbuatan dan waktu, meskipun peningkatan motivasi belajar masih memerlukan perhatian lebih lanjut. Penelitian ini mendukung temuan sebelumnya bahwa kegiatan keagamaan seperti shalat Dhuha dapat menjadi metode efektif dalam menanamkan sikap disiplin pada siswa, yang pada gilirannya mendukung prestasi akademik dan perkembangan karakter mereka secara keseluruhan.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-01

Terbitan

Bagian

Artikel Jurnal