PENGARUH STRATEGI CRITICAL INCIDENT (PENGALAMAN PENTING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Penulis

  • Otih Otih MTs PGII Banjar
  • Anwar Musthafa Shiddiq Madrasah Ibtidaiyah Banjar 2

Kata Kunci:

critical incident, hasil belajar

Abstrak

Pendidikan agama (Islam) termasuk salah satu komponen wajib dari isi kurikulum setiap jenjang pendidikan. Banyak sekali hal hal yang sangat mempengarui berhasil tidaknya suatu pendidikan di dunia pendidikanitu, antara lain adalah proses belajar mengajar. Selama ini salah satu problem yang dihadapi oleh pendidikan kita adalah lemahnya proses pembelajaran. Kondisi saat ini pendekatan pendidikan di sekolah-sekolah berpusat pada guru yang berarti semua mengarah pada guru. Pembelajaran aktif dan kreatif disekolah mengajak peserta didik belajar secara aktif, ketika peserta didik belajar dengan aktif, berarti mereka yang mendominasi aktifitas pembelajaran dan mereka secara aktif menggunakan pengetahuan dan pemahamannya baik untuk menemukan ide pokok dari materi pelajaran, memecahkan persoalan, atau mengaplikasikan apa-apa yang baru mereka pelajari kedalam suatu persoalan yang ada dalam kehidupan nyata. Model pembelajaran critical incident merupakan strategi untuk mengaktifkan siswa dalam pembelajaran sehingga akan berdampak kepada hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui dan mendiskripsikan pengaruh strategi critical incident terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMPN 2 Cineam Kabupaten Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 2 Cineam Kabupaten Tasikmalaya sebanyak 90 orang. Penentuan sampel menggunakan total sampling yaitu 90 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Critical Incident di Kelas VIII SMPN 2 Cineam Kabupaten Tasikmalaya, setelah dilakukan analisis mempunyai nilai rata-rata 254 yang berada pada kategori cukup. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di kelas VIII SMPN 2 Cineam Kabupaten Tasikmalaya cukup yaitu sebanyak 59 orang (65,6%). Hasil pengujian regresi linier nilai R (korelasi) sebesar 0,859 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat Strategi Critical Incident terhadap hasil belajar dengan t hitung 15,729 > t tabel 1,67

Unduhan

Diterbitkan

2021-09-03

Terbitan

Bagian

Artikel Jurnal