Penggunaan lembar Mutaba’Ah Yaumiah dalam meningkatkan ibadah siswa kelas VIII di SMP Pasundan Banjar

Penulis

  • yuni aqwaliah STIT Muhammadiyah Banjar
  • Nana Supriatna
  • Asep Muksin
  • Sufia Widi Kasetyaningsih

Abstrak

Penelitian ini mengulas mengenai penggunaan lembar Mutaba’Ah Yaumiah dalam meningkatkan ibadah siswa kelas VIII di SMP Pasundan Banjar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui ibadah peserta didik kelas VIII sebelum penggunaan lembar mutaba’ah yaumiah di SMP Pasundan Banjar (2) mengetahui Penggunaan Lembar Mutaba’ah Yaumiah dalam Meningkatkan Ibadah Peserta Didik Kelas VIII di SMP Pasundan Banjar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komprehensif (perbandingan). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket/kuesioner dan lembar mutaba’ah yaumiah. Untuk perhitungannya menggunakan Microsoft Exel. Adapun subjek dari penelitian ini sebanyak 40.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa lembar mutaba’ah yaumiah berpengaruh terhadap peningkatan ibadah peserta didik dengan adanya peningkatan nilai rata-rata keseluruhan ibadah sebesar 22,82 (23%). Hasil dari data pertama menunjukkan nilai rata-rata keseluruhan ibadah peserta didik sebelum menggunakan lembar mutaba’ah yaumiah sebesar 55,19 (55%) yang kemudian mengalami peningkatan setelah menggunakan lembar mutaba’ah yaumiah menjadi 78,01 (78%).

 

Kata Kunci : Lembar Mutaba’ah Yaumiah, Peningkatan dan Ibadah

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-01 — Diperbaharui pada 2024-07-28

Versi

Terbitan

Bagian

Artikel Jurnal