PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Penulis

  • Sufia Widi Kasetyaningsih Universitas Duta Bangsa

Kata Kunci:

Multimedia, Power Point, Minat belajar

Abstrak

Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu pelajaran yang kurang diminati.
Salah satu penyebabnya adalah Pendidikan Agama Islam (PAI) terdapat konsep yang
bersifat abstrak sehingga sukar membayangkannya. Sehingga penggunaan media dalam proses belajar mengajar PAI diharapkan dapat membantu kelancaran, efektifitas dan efisien pencapaian tujuan pembelajaran. Adanya media pembelajaran maka posisi guru bukan lagi sebagai satu-satunya sumber belajar, tetapi sebagai fasilitator. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia terhadap minat belajar Siswa pada mata pelajaran PAI SMP Negeri 2 Kota Surakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX di SMPN 2 Kota Surakarta sebanyak 210 orang. Penentuan sampel menggunakan random sampling yaitu 68 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan multimedia pada pembelajaran PAI di kelas IX SMP Negeri 2 termasuk kategori cukup baik, namun hal-hal yang perlu diperbaiki adalah penjelasan PAI oleh guru melalui presentasi lebih mudah dipahami, pembahasan guru tentang PAI melalui power point lebih runtut, materi pelajaran melalui power point
lebih menarik, materi pelajaran guru melalui power point lebih jelas terbaca, dan materi pelajaran dibahas guru melalui power point lebih menyeluruh. Minat belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 termasuk kategori baik, namun hal-hal yang perlu diperbaiki adalah siswa harus lebih serius, penuh perhatian, puas, dan tertarik terhadap pembelajaran PAI yang disampaikan oleh guru. Ada pengaruh yang kuat penggunaan multimedia terhadap minat belajar siswa dengan nilai r sebesar 0,776 dan nilai KD sebesar 60,2%. Hal ini berarti 60,2 % variabel minat belajar siswa dipengaruhi oleh penggunaan multimedia. Sedangkan sisanya 39,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang dalam penelitian ini tidak dibahas.

Unduhan

Diterbitkan

2021-07-06

Terbitan

Bagian

Artikel Jurnal