Model Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab Di SMP MBS Muhammadiyah 06 Malang

Implemantasi Dan Implikasinya Pengembangan Kurikulum

Penulis

  • Ryan Nurdiana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Siti Ana Dewi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Cecef UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Kata Kunci:

Model Pengembangan Kurikulum, Bahasa Arab, SMP MBS MUhammadiyah 06 Malang

Abstrak

Tulisan ini  hendak menjelaskan dan menguraikan bagaimana konsep dan model pengembangan kurikulum mata pelajaran Bahasa Arab dan bagaimana implementasi dilapangan serta problematika yang dihadapi oleh pengajar. Penelitian ini dilakukan di SMP MBS Muhammadiyah 06 Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian field research. Teknik pengumpulan data  yang digunakan dalam penelitian ini adalah indeph interview sedangkan sebagai pendukung digunakan observasi dan analisis dokumen. Data yang telah terkumpul kemudian di analisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pengembangan kurikulum di sekolah ini menggunakan model grass rott. Dimana pada sekolah ini guru sebagai penggagas ide dalam pengembangan kurikulum. Kurikulum yang ada dikembang oleh guru bahasa Arab itu sendiri dengan menyesuaikan dengan keadaan lapangan. Dalam implementasinya terdapat banyak problem yang dihadapi pengajar dalam proses pembelajarannya diantaranya banyak siswa yang masuk ke sekolah ini tidak mempelajari bahasa arab di sekolah dasar sebelumnya sehingga perlu mepelajarinya dari titik awal. Kemudian sekolah mengembangkan konsep lingkungan bahasa bagi kelas pesantren namun masih dalam proses perkembangan karena kelas tersebut baru angkatan pertama.

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-01

Terbitan

Bagian

Artikel Jurnal