Relevansi Pendidikan Islam Muhammad Abduh dengan Pendidikan Muhammadiyah
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang relevansi konsep pendidikan Islam Muhammad Abduh dengan pendidikan Muhammadiyah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian library research yang bersumber pada data-data dari buku-buku, jurnal dan artikel. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam yang digagas oleh Muhammad Abduh memiliki relevansi dengan pendidikan Muhammadiyah yaitu pada sisten dan struktur lembaga pendidikan, tujuan dan metode, namun dalam aspek kurikulum belum mencapai tingkat kesamaan yang esensial, tetapi keduanya sama-sama memiliki gagasan memasukan pelajaran agama di lembaga pendidikan umum atau sebaliknya.
Kata Kunci: Relevansi,Pendidikan Muhammad Abduh, Pendidikan Muhammadiyah
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2023-03-01 (2)
- 2024-05-21 (1)
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 TarbiyahMU
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.