Relevansi Pendidikan Islam Muhammad Abduh dengan Pendidikan Muhammadiyah

Penulis

  • Adi Irfan Marjuqi STIT Muhammadiyah Banjar
  • Nana STIT Muhammadiyah Banjar
  • Aip Universitas Muhammadiyah Cirebon

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang relevansi konsep pendidikan Islam Muhammad Abduh dengan pendidikan Muhammadiyah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian library research yang bersumber pada data-data dari buku-buku, jurnal dan artikel. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam yang digagas oleh Muhammad Abduh memiliki relevansi dengan pendidikan Muhammadiyah yaitu pada sisten dan struktur lembaga pendidikan, tujuan dan metode, namun dalam aspek kurikulum belum mencapai tingkat kesamaan yang esensial, tetapi keduanya sama-sama memiliki gagasan memasukan pelajaran agama di lembaga pendidikan umum atau sebaliknya.

Kata Kunci: Relevansi,Pendidikan Muhammad Abduh, Pendidikan Muhammadiyah

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-21 — Diperbaharui pada 2023-03-01

Versi

Terbitan

Bagian

Artikel Jurnal