Pendidik Dalam Prespektif Pendidikan Islam Peran Guru Menurut Kitab Ta'lim Mu'ta Alim di Yayasan Miftahul Hidayah Sukaresmi Garut
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menggali peran pendidik dalam perspektif pendidikan Islam, khususnya peran guru menurut kitab Ta'lim al-Muta'allim karya Imam Az-Zarnuji di Yayasan Miftahul Hidayah Sukaresmi Garut. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengidentifikasi peran pendidik sebagai pengajar, pembimbing, dan pembina akhlak, yang sangat penting dalam menciptakan generasi yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga beradab dan bermoral. Implementasi prinsip-prinsip pendidikan yang diajarkan dalam Ta'lim al-Muta'allim terlihat dalam kegiatan sehari-hari pendidik di yayasan ini, yang mengutamakan nilai-nilai keikhlasan, kesabaran, dan keteladanan. Meskipun para pendidik dihadapkan pada tantangan keterbatasan sumber daya dan kesejahteraan, mereka tetap berkomitmen untuk menjalankan tugas mereka dengan penuh pengabdian, sesuai dengan ajaran Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter yang diterapkan di yayasan ini sangat relevan dengan prinsip-prinsip pendidikan Islam yang mengutamakan pengembangan intelektual dan moral siswa.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 TarbiyahMU

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.