EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE TANYA JAWAB TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Penulis

  • Nurhidayah Shiddiq STIT Muhammadiyah Banjar
  • Julaeha Julaeha STIT Muhammadiyah Banjar

Kata Kunci:

Metode, Bertanya, Belajar, Prestasi

Abstrak

Dari berbagai mata pelajaran yang diberikan, mata pelajaran PAI dianggap memegang peranan penting. Sehingga diharapkan peserta didik mampu memberikan hasil belajar yang memuaskan. Namun pada kenyataannya tidak seperti yang diharapkan, prestasi mata pelajaran PAI peserta didik sangat memprihatinkan. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah penguasaan peserta didik saat ini yang berkaitan erat dengan strategi pembelajaran yang digunakan. Proses pembelajaran yang berlangsung hingga  saat ini, menunjukkan dominasi guru  terhadap peserta didik  cukup  menonjol sehingga peserta didik kurang terlibat dalam proses pembelajaran. Hal tersebut mengakibatkan kurangnya tanggung jawab peserta didik terhadap tugas belajarnya. Upaya memaksimalkan penguasaan PAI, bagi peserta didik perlu dipikirkan suatu strategi yang dapat melibatkan intelektual peserta didik secara optimal dalam proses pembelajaran. Salah satu alternatif yang dapat ditempuh adalah penggunaan keterampilan bertanya dalam proses pembelajaran. Dalam proses belajar mengajar, tujuan pertanyaan yang diajukan  oleh guru adalah agar peserta didik belajar, artinya memperoleh pengetahuan (informasi) dan meningkatkan  kemampuan  berpikir  peserta didik.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode Tanya jawab terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI.  Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen-kuasi (quasi experiment). Dalam penelitian ini yang dieksperimenkan adalah penggunaan metode bertanya dengan sampel yang diteliti sebanyak 35 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil belajar siswa melalui hasil pretest dan posttest pada pembelajaran aktif menggunakan Metode Tanya Jawab diperoleh nilai gain skor ternormalisasi 0,38 dan termasuk kriteria sedang. Hal ini berarti peningkatan penguasaan konsep siswa setelah diterapkannya Metode Tanya Jawab masuk kedalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Metode Tanya Jawab berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa dengan table < hitung

Unduhan

Diterbitkan

2021-07-06 — Diperbaharui pada 2021-07-01

Versi

Terbitan

Bagian

Artikel Jurnal